Site Network: Link | Link | Link | Blogger Skin 2.0

 

"Laysal fataa man yaqul : Hadzaa Abii. walakinnal fataa man yaqul: Ha ana Dza!"



Cara-Nya menjawab doa

Cara-Nya menjawab doa


Assalamualaikum wr wb

Pernahkah anda berdoa ? di dalam rentang kehidupan anak manusia dimana pun pasti pernah berdoa. Berbagai macam permohonan pastilah pernah diajukan kepada Sang Maha Pengasih. Mulai dari memohon rezeki, jodoh, karier yang lancar dan lain-lain. Lalu pernahkah ketika anda berdoa dan anda merasa bahwa doa itu tidak manjur ?.

Doa itu sebenarnya sudah terjawab tapi karena nafsu dalam diri kita sudah melewati batas maka akan susah bagi seorang manusia untuk berpikir positif tentang hakikat doa. Padahal yang tahu yang terbaik buat kita sebagai manusia tentulah yang menciptakan kita. Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik untuk kamu, dan bisa jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk untuk kamu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui [QS 2:216]. Lalu apabila kesusahan menimpa manusia, dia berdoa kepada Allah dalam keadaan kembali kepada-Nya, kemudian apabila Allah memberikan nikmatnya, maka terlupakanlah apa yang pernah dimohonkan kepada-Nya.[QS 39:8]

Sejak sekitar tiga tahun yang lalu saya bergerak di bidang entertainment atau lebih tepatnya bergerak di bidang event organizer. Sebuah pekerjaan yang sangat menuntut waktu lebih dan tenaga ekstra. Tapi beberapa tahun belakangan, saya semakin merasa bahwa sepertinya ini tidak menjadi minat saya lagi. Idealisme saya telah berubah, cara pandang saya terhadap pekerjaan itu mulai terasa berbeda. Sampai pada saatnya saya memutuskan untuk mencari lapangan pekerjaan yang lain.

Beberapa hari yang lalu seorang teman mengajak untuk investasi di usahanya yang bergerak dalam bidang otomotif. Setelah berbicara panjang lebar dengan calon partner saya itu, ternyata nilai investasi ini tidak bisa dibilang kecil bahkan saya sempat mengatakan "tidak" walaupun dalam hati ini sebenarnya cukup bimbang karena "ladang" yang baru ini cukup menjanjikan dan insya Allah diridhai oleh-Nya. Saya pun berdoa agar dipilihkan yang terbaik dalam pekerjaan karena hanya Dia-lah Yang Terbaik, agar selalu ditunjukkan jalan yang benar karena cuma Dia-lah Yang Maha Benar dan yang terpenting adalah Dia ridha. Akhirnya saya pun memberanikan diri untuk berinvestasi ke teman saya itu dengan pembagian hasil yang diatur oleh teman saya itu. Istilahnya saya tahu beres saja.

Malamnya, saya mendapat message di friendster dari seorang teman saya yang lain yang menanyakan masalah syariah Islam dalam berbisnis. Entah ada angin apa tiba-tiba dia menanyakan hal seperti itu, do i look like pakar syariah or something ? no !. Tapi saya jadi penasaran untuk coba mencari tahu apa itu syariah Islam dalam berbisnis. Setelah berkelana di internet, akhirnya saya menemukan jawabannya lalu tanpa saya baca lebih detail, saya kirim ke teman saya itu. case closed.

Keesokan harinya calon partner saya menelpon dan mengatakan bahwa hitungan bagi hasil yang telah disepakati oleh kita berdua ternyata salah, tidak adil, hukumnya haram dan katanya lagi tidak sesuai dengan syariah Islam. Syariah Islam ? kata-kata ini mengingatkan saya dengan message di friendster tadi malam.

Saya coba buka lagi dan ternyata apa yang di tanyakan di message itu sama persis dengan apa yang dikatakan calon partner saya itu. Hanya berbeda di contoh kasusnya saja, tapi setelah saya baca lagi, jawaban yang saya temukan sewaktu berkelana di internet yang lalu saya berikan kepada teman saya itu ternyata sekarang menjadi jawaban bagi diri saya sendiri ! Alhamdulillah...

Beginikah cara-Nya menjawab doa seorang hamba ? Sungguh Dia adalah Maha Jenius dalam memberikan jawaban dari arah yang tidak pernah bisa kita duga. Maha Benar Al-Imran 119, ketika ada kalimat "...Innallaaha 'aliimum bi dzaatish shuduur"....

Sesungguhnya Rabb kalian Yang Mahasuci lagi Mahatinggi itu Mahamalu lagi Mahamulia, Dia malu terhadap hamba-Nya jika sang hamba mengangkat kedua tangannya kepada-Nya lalu mengembalikan keduanya dalam keadaan kosong tidak dikabulkan
[HR. Abu Dawud no.1448, at-Tirmidzi no.3556, Ibnu Majah no.3865]

Wassalamualaikum wr wb


[get this widget]

posted by Indra @ 10:54 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home