Site Network: Link | Link | Link | Blogger Skin 2.0

 

"Laysal fataa man yaqul : Hadzaa Abii. walakinnal fataa man yaqul: Ha ana Dza!"



RISMATA Sweeping 2007

Assalamu'alaikum,

Tanggal 7 Oktober kemarin para crew RISMATA ngumpul dirumah saya. Acaranya apalagi kalau bukan buka bersama, dan kesempatan ngumpul gini ngga kita sia-siakan begitu aja. Setelah semua ngumpul sekitar jam 5an dan berbuka dengan yang ringan-ringan, kita langsung sholat maghrib dan setelah itu dilanjutkan dengan rapat.

Rapat ? yap ! Soalnya jarang-jarang RISMATA bisa ngumpul sebanyak ini. Rapat ini sebenernya juga masih pembukaan aja, karena kita kedatangan beberapa orang akhwat yang dengan sukarela mau berkontribusi di RISMATA. Halimah, Mey, Ajeng dan Marni menyatakan siap untuk gabung di RISMATA dengan job desc menyusul ya hehehe...tapi yang pasti kita butuh penyiar lho...Dan tentu aja kita juga butuh RISMATA dibidang keakhwatan alias keputrian.

Begitu juga dengan kaum prianya. Kita kedatangan (calon?) anggota baru dan nampaknya mereka cukup mumpuni di bidang TI. Kita dapat banyak masukan dari mereka tentang bagaimana membangun sebuah radio online streaming di internet. Well guys thanks banget infonya tapi mungkin itu akan jadi projectnya RISMATA yang akan datang.

Setelah rapat/diskusi berlangsung kurang lebih dua jam, sekitar jam setengah sembilan Rizky dan Denny pamit duluan karena udah janjian dengan Bapak Komisaris RISMATA FM. Juga team IT pamit duluan karena besoknya mesti ke kantor. Sementara sisanya siap-siap untuk keliling Jakarta untuk berburu.

Berburu ? he ? berburu apaan ?...Buruan kita malam itu ciri-cirinya sebagai berikut. Bapak-bapak or ibu-ibu, kakek-kakek or nenek-nenek, memakai tas karung di punggungnya atau mendorong/menarik gerobak, berbaju kumel, lecek bin rombeng dan dalam keadaan tidur atau berjalan menyusuri trotoar jalan.

Yap malam itu tanpa rencana yang matang team RISMATA menyusuri jalan-jalan di Jakarta daerah Barat dan Selatan untuk mencari para pemulung, gelandangan, tukang sampah dan orang-orang yang kurang beruntung lainnya. Tujuannya adalah memberikan nasi kotak kepada mereka untuk makan malam atau mungkin untuk makan sahur. Misi itu kita beri nama "RISMATA Sweeping 2007". Nama lucu-lucuan aja kok :).

Formasi dibagi menjadi tiga team. Dua motor didepan berfungsi semacam tim buser untuk mencari "mangsa" dan satu mobil dibelakang untuk membawa nasi kotak. Tim buser jaraknya sekitar 50 meter di depan mobil, dan setiap kali mereka menemukan mangsa, mereka akan mengontak tim di mobil melalui walkie-talkie untuk menyiapkan nasi kotaknya sesuai dengan jumlah mangsa yang dilaporkan oleh tim buser.

Ternyata tidak semudah yang dibayangkan dalam membagikan nasi kotak itu. Kita harus menentukan beberapa kriteria mangsa yang layak atau bisa diberikan nasi kotak. Apabila kita menemukan gerombolan mangsa yang berkumpul lebih dari empat kita memilih untuk melewatkan. Bukannya kita ingin menghalang-halangi rezeki mereka, tapi berhubung nasi kotak yang kita punya jumlahnya terbatas maka kita memilih mangsa yang dalam keadaan sendirian atau maksimal berempat. Karena beberapa pengalaman saya dalam membagikan hal-hal semacam itu ternyata bisa membuat mereka buas dan ganas juga bahkan sampai menggerutu didepan saya kalau ngga kebagian jatahnya. Padahal waktu itu yang saya bagikan hanyalah kaos. Maka demi amannya, kita buat kriteria seperti diatas.

Dalam aksinya, beberapa kali tim buser "menggerebek" mereka dalam keadaan tidur pulas di pinggir jalan, dan ketika kita bangunin yang kita dapat adalah senyum mereka yang indah. Ada juga yang sedang berjalan sambil termenung di pinggir jalan lalu distop oleh tim buser RISMATA mereka nampak kaget bahkan beberapa ada yang ketakutan, takut digaruk oleh kamtib katanya. Tapi setelah tim mobilnya datang dan memberikan nasi kotaknya mereka pun kembali tenang, tersenyum dan berlalu. Sungguh, ekspresi mereka adalah obat lelah kami dalam menjalankan misi ini.

Akhirnya misi pun selesai sekitar jam setengah 1. Nasi kotak tersisa dua yang akan saya berikan ke satpam komplek. Tim buser RISMATA pun perlahan-lahan mulai memisahkan diri dengan tim mobil. Terima kasih kepada temen-temen RISMATA yang sudah membantu terlaksananya misi ini. Semoga apa yang kita lakukan ini mendapatkan tambahan pahala dan sebaik-baik balasan dari Allah. Amin Ya Rabbal 'Alamin.

Wassalamu'alaikum



Foto lebih lengkap ada di rismata.multiply.com



[get this widget]

posted by Indra @ 10:15 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home