Site Network: Link | Link | Link | Blogger Skin 2.0

 

"Laysal fataa man yaqul : Hadzaa Abii. walakinnal fataa man yaqul: Ha ana Dza!"



Sang Maha Pengampun

Sang Maha Pengampun


Assalamu'alaikum wr wb


Firman Allah,

"Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu" [QS. An-Nisa:123]

Ayat ini menurut Al Bukhari membuat Abu Bakar menangis disamping Rasulullah saw.

Rasulullah bertanya kepadanya, "Mengapa engkau menangis ?"

Jawab Abu Bakar, "Wahai Rasulullah, Allah berfirman, 'Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu'. Bagaimana kita berbuat setelah turunnya ayat ini. Kita memang hanya dibebani dengan amalan-amalan yang mampu kita laksanakan tapi bagaimana kita melakukan amalan-amalan itu setelah turunnya ayat ini ?"

Rasulullah berkata kepada Abu Bakar, "Allah akan mengampunimu wahai Abu Bakar. Tidak pernahkah engkau sakit ? Tidak pernahkah engkau bersedih ? Tidak pernahkah engkau dirundung kegalauan ? Dan sekarang, tidakkah engkau sedang gundah ?"

Jawab Abu Bakar, "Benar, wahai Rasulullah"

Kata Rasulullah, "Itu adalah ampunan"
[HR. Ibnu Hibban, Al Ihsan 2910, Al Baihaqi 3/373]


"Musibah yang menimpa orang muslim baik yang berupa sakit, sakit-sakitan, kegundahan, kesedihan, nyeri, kegalauan, sampai duri yang menusuk bagian tubuh maka Allah akan mengampuni kesalahan-kesalahannya dengan musibah tersebut". [HR. Bukhari 5642 & Muslim 2573]

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan semua hal ini menjadi ampunan bagi kita. Jika tidak maka kesalahan-kesalahan kita tidak cukup bila ditampung disemua dataran rendah dan dataran tinggi di muka bumi ini sekaligus. Sudah sepantasnya kita selalu bersyukur dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Karena bila rahmat Allah, maaf dan kemurahan-Nya tidak diberikan kepada kita, niscaya kita akan binasa. Terima kasih Ya Allah, ternyata itu sebuah pengampunan, Alhamdulillah.


Wassalamu'alaikum wr wb


[get this widget]

posted by Indra @ 3:02 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home