Site Network: Link | Link | Link | Blogger Skin 2.0

 

"Laysal fataa man yaqul : Hadzaa Abii. walakinnal fataa man yaqul: Ha ana Dza!"



Akhir tahun

End of year


Assalamualaikum wr wb,


Ngga terasa sekarang kita telah berada di penghujung tahun. Waktu seperti terasa begitu cepat berjalan. Rencana dan tujuan berlibur pun mulai banyak dipertanyakan dari temen-temen kita. Ada yang punya rencana ke pantai, backpacking, party all night long dan banyak lagi rencana lainnya untuk menyambut tahun baru ini dan yang pasti harus lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Semua manusia di muka bumi ini tentu akan berharap mendapatkan yang lebih baik di tahun yang akan datang. Semangat baru, pacar baru, mobil baru, pekerjaan baru dan semua yang "fresh from the oven".

Tapi ternyata di penghujung tahun kemarin, sebagian dari kita malah seperti sudah kehilangan harapan-harapan itu beserta hilangnya pula mimpi-mimpi mereka. Harapan-harapan mereka runtuh bersamaan dengan runtuhnya bangunan rumah mereka yang diterjang bencana. Mimpi-mimpi mereka hilang bersamaan pula dengan hilangnya suami,istri,anak,sanak saudara dan harta benda mereka yang dihanyutkan oleh ombak bencana.

Seperti terasa baru kemarin kita dikejutkan oleh berita di penghujung tahun yang membuat semua manusia terperangah karena terjadinya bencana alam yang sungguh hebat dan memakan ribuan bahkan puluhan ribu korban meninggal. Saat itu disetiap media massa memuat berita yang sama dan bermunculan pula website, blog yang mengkhususkan diri untuk menampung informasi, dan sumbangan dari segala penjuru daerah di tanah air ini. Semoga kita belum lupa atas apa yang terjadi setahun kemarin.

Jika hidup ini seperti buku yang dipercayakan oleh Allah kepada kita untuk menulisnya. Maka kita bisa mengisinya sesuai dengan keinginan kita, akan kita isi dengan kebaikan dan manfaat atau coretan-coretan yang memalukan. Buku macam apa yang sedang kita tulis ? Apakah buku pengetahuan, buku agama, buku filsafat, buku keuangan, ataukah buku pornografi.

Semua tergantung apa yang paling sering kita lakukan dan apa yang paling kita kejar dalam hidup ini. Tapi di buku yang berjudul kehidupan ini tak seorangpun yang tahu berapa halaman lagi yang tersisa. Jika halaman telah habis maka buku itu akan dikembalikan kepada Sang Pemilik. Buku yang indah dan bermanfaat akan ditempatkan ke tempat terhormat di sisi-Nya sedangkan yang tak bermanfaat akan dicampakkan atau dibakar sebagai sampah.

Dan sekarang lembaran baru dari buku kehidupan kita akan segera datang menyapa. Banyak janji yang terucap dan tak sedikit pula rencana yang dibuat. Entah apakah di tahun baru kali ini segala janji dan rencana itu akan terlaksana dan sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian besar masyarakat dunia bahwa tahun baru adalah sesuatu yang identik dengan perayaan yang sebenarnya kalau dalam konteks Islam maka hal itu tidak ada. Bahkan beberapa dari kita mungkin akan bingung ketika ditanya tentang kapan tahun baru itu menurut penanggalan Islam.

Perayaan tahun baru seperti apa yang akan anda lakukan tahun ini ? check-in di hotel ? partying at the clubs or beach while drinkin vibe, illusion or maybe weed smokin ? Atau mungkin lebih memilih berpikir -agar kita lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik di tahun yang akan datang- andaikan lusa adalah kiamat, saat langit terguncang dan gunung beterbangan orang yang tanpa dosa pun takut lalu bagaimana dengan orang yang bertahun-tahun hidup dengan dosa.

Terdapat perbedaan besar antara terompet tahun baru dengan terompet sangkakala, yang satu menggambarkan kesenangan dan yang satu lagi menggambarkan ketakutan dan kesedihan yang amat sangat. Let's just hope this end of the year doesn't turn into the end of....

Tapi sungguh Allah selalu mempunyai hamba-hamba yang cerdas. Mereka menyifati dunia dengan bijaksana dan takut akan fitnah. Ketika melihat dunia ini, maka mereka akan segera menyadari bahwa dunia bukanlah negeri yang abadi. Mereka menganggapnya lautan penuh deru ombak lantas mereka jadikan perbuatan shaleh sebagai perahunya. Semoga kita termasuk para hamba itu. Semoga....


Wassalamu'alaikum wr wb



[get this widget]

posted by Indra @ 10:43 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home