Site Network: Link | Link | Link | Blogger Skin 2.0

 

"Laysal fataa man yaqul : Hadzaa Abii. walakinnal fataa man yaqul: Ha ana Dza!"



Diskusi Kajian Islam

Review


Assalaamu'alaikum,


Terima kasih buat temen-temen yang kemarin hari Sabtu tanggal 26 November nyempetin dateng ke rumah Indra untuk mengikuti diskusi kajian Islam. Alhamdulillah kajian kemarin berjalan dengan lancar walaupun ada pergeseran waktu yang cukup signifikan tapi tetap ngga mengurangi bobot dari berbagai materi yang disampaikan ustadz Fauzi Nurwahid. Insya Allah diharapkan kedepannya bisa lebih on time mengingat waktu yang dimiliki ustadznya juga terbatas.

Materi-materi yang hari itu disampaikan mencakup tiga topik yang semula hanya satu yaitu tentang munakahat (persiapan pernikahan). Topik munakahat ini ternyata cukup mendapat sambutan yang meriah dan itu terbukti dengan cukup banyaknya pertanyaan yang diajukan berkenaan dengan munakahat.

Topik yang kedua yaitu Tren Sinkretisme yang tampak sebagai fenomena yang begitu mengesankan dalam sejarah pemikiran agama, dulu maupun kini. Tren sinkretisme adalah suatu kecenderungan pemikiran yang berusaha mencampur dan merekonsiliasi berbagai unsur yang berbeda-beda (bahkan mungkin bertolak-belakang) yang diseleksi dari berbagai agama dan tradisi, dalam suatu wadah tertentu atau dalam salah satu agama yang ada (berwujud suatu aliran baru).

Di dalam materi itu dijelaskan mengenai efek dari kebudayaan atau tradisi yang beragam di Indonesia yang bercampur dengan nilai-nilai agama sehingga banyak terjadi distorsi atau kesalahpahaman mengenai mana yang bernilai ibadah dan mana yang bernilai tradisi. Contohnya seperti, acara tunangan, midodareni, sekatenan, tukar cincin dsb yang oleh sebagian umat Islam hal-hal tersebut dianggap bernilai ibadah dan tabu untuk dilewatkan.

Topik yang ketiga yaitu tentang Evaluasi Ramadhan, dimana disitu dijelaskan tentang apa yang bisa kita lakukan setelah Ramadhan berlalu dan bagaimana menciptakan atmosfir atau suasana yang kurang lebih sama dengan ketika Ramadhan. Juga dijelaskan bagaimana kita menumbuhkan rasa khauf (takut) kepada Sang Pencipta yang nantinya akan berdampak dengan timbulnya rasa al hubb (cinta) kepada-Nya, sehingga ibadah-ibadah yang kita lakukan semata bukan hanya untuk menunaikan kewajiban tetapi karena memang kita membutuhkan dan mencintai bentuk-bentuk ibadah itu untuk meraih ridha-Nya.

Insya Allah, pengajian berikutnya akan diadakan hari Minggu tanggal 11 Desember 2005 dan ustadz Fauzi Nurwahid sebagai narasumber. Syukron Jazaakumullah khair.


Wassalaamu'alaikum wr wb


[get this widget]

posted by Indra @ 12:36 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home